Wednesday, April 15, 2015

Mengenal Apa itu Open Office


Pada saat ini saya akan berbagi tentang Open Office, disini saya akan membahas tentang sejarah, pengertian, kelebihan dan kekurangannya, serta komponen komponen yang ada di dalam Open Office.

Apa Itu Open Office??

Open Office yang arti nya
yaitu "buka kantor". Open office merupakan paket aplikasi perkantoran yang bersifat Open source atau sumber terbuka yang artinya kita dapat menggunakan open office secara gratis.Paket tersebut berisi Spreadsheet, Presentasi, Ilustrasi Vektor, Gudang data, dan pengolah kata. OpenOffice.org dibuat support untuk sistem operasi Windows, GNU/Linux, BSD, Solaris, dan Mac OS X. Selain itu OpenOffice.org mendukung format standar dokumen terbuka dengan ekstensi .odt format yang dapat dipertukarkan dengan bebas. Mengekspor dokumen dalam format .Pdf, membuka dan menyimpan dokumen dalam format Microsoft Office.

Sejarah Open Office 
Pada Juli 2000, kode sumber StarOffice dilepas sebagai proyek sumber terbuka oleh Sun, dengan tujuan untuk mengimbangi pasar pengguna Microsoft Office dengan menyediakan aplikasi yang berbiaya rendah namun berkualitas tinggi. Proyeknya dikatakan sebagai OpenOffice, namun untuk rilis resminya tidak menggunakan nama yang sama karena hal ini adalah nama sebuah merk dagang yang dimiliki kelompok lain sehingga mereka mengambil OpenOffice.org sebagai nama resminya.

Pada Oktober 2000, Sun Microsystem menyumbangkan kode program StarOffice kepada komunitas Open Source. Sejak saat itu dimulailah proyek pengembangan free office suite yg diberi nama OpenOffice.org. Pada waktu itu, Sun menjadi sponsor utama sekaligus donatur proyek pengembangan OpenOffice.org (www.openoffice.org) yg dikerjakan oleh komunitas Open Source.

Saat ini sudah cukup banyak prusahaan yg memberikan sumbangan atau dukungan terhadap proyek OpenOffice.org, beberapa diantaranya adalah Novell, RadHat, Debian, dan Intel.

OpenOffice aplikasi berkode sumber terbuka, yang artinya semua orang yang memiliki kemampuan dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan yang ia inginkan dengan syarat tidak menghapus credit atau penghargaan pada orang-orang yang berjasa pada pengembangan OpenOffice sebelumnya.

Sejarah Rilis OpenOffice.org, sbb:

  1. OpenOffice.org versi.1, dirilis pertama kali 1 Mei 2002

  1. OpenOffice.org versi.2, dirilis pertama kali 20 Oktober 2005

  1. OpenOffice.org versi.3, dirilis pertama kali 13 Oktober 2008

Sejak 2010, OpenOffice.org dikembangkan oleh Oracle Corporation yang mengakusisi Sun Microsystems hingga pada tahun 2011 ketika pengembangan dan kepengurusan OpenOffice.org dialihkan ke Apache Software Foundation.
.
Kelebihan Open Office
.
1. Ketersediaan source code
2. Berjalan pada banyak platform
3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya
4. Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel
5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
7. Akses database yang luas dan transparan
8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office
9. User interface yang konsisten antar komponen
10. Sangat Beragam  

Kekurangam Open Office
1. Butuh komputer dengan spesifikasi yang tinggi
2. Tidak ada pageartborder 

Komponen komponen di Open Office

1.OpenOffice.org Draw
      Merupakan perangkat lunak untuk memanipulsi dan membuat gambar digital  terutama gambar-gambar 2 dimensi yang dapat digunakan untuk melengkapi dan menghiasi file dokumen kantor yang terpaket dalam aplikasi OpenOffice.org. Pembuatan gambar dan simbol sederhana bisa dengan mudah dibuat dengan aplikasi ini seperti lingkaran, kotak, garis termasuk pewarnaannya, bahkan aplikasi ini mempunyai fasilitas untuk memanipulasi gambar 2d menjadi 3d
    Berkas:OpenOffice.org Draw.png
2.OpenOffice.org  Calc
    Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik 
Berkas:Calc-big.png 
3.OpenOffice.org Math 
    merupakan komponen aplikasi yang terpaket dalam aplikasi OpenOffice.org, berfungsi untuk mengetikan rumus-rumus matematika secara mandiri dan hasil penulisan teksnya dapat dimanfaatkan dalam aplikasi OpenOffice lainnya.
Berkas:OpenOffice.org Math.png

4.Openoffice.Org Base 
    atau dikenal dengan sebutan BASE adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini.
Berkas:Base-big.png 
5. OpenOffice.org Writer
   adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa   export ke .pdf 
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number
Berkas:OpenOffice.org Writer.png
6. Openoffice.Org Impres
    dikenal dengan sebutan IMPRESS adalah Perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dan media interaktif.
 Berkas:Impress-big.png

Sekian Artikel tentang Open Office dari saya jika penasaran bisa langsung saja download di Official website Open Office klik saja di sini
 


Read More




Labels: ,